7000 Nasehat Untuk Adik-Adikku (Yang Lucu) - suginugi | blog ajaib 7000 Nasehat Untuk Adik-Adikku (Yang Lucu)

Ajaib Hot News :

Sabtu, 26 April 2014

katalogi: , ,

7000 Nasehat Untuk Adik-Adikku (Yang Lucu)

Wuishhhh, seakan-akan ada badai berhembus. Emh. Mungkin itu adalah reaksi normal ketika kalian membaca judul dari postingan gue kali ini. 7000 Nasehat Untuk Adik-Adikku (Yang Lucu). Ngga salah? 7.000 ???

TU-JU-H-RI-BU-?-?-?

Yapz, tenang aja! Ngga seperti yang kalian duga -meski gue ngga tahu kalian menduga apa- kali ini gue emang mau ngasih 7000 Nasehat (yang sepertinya super sangat bijak) untuk kalian Adik-adik gue (pada khususnya) dan sobat pembaca blog ini (pada umumnya). Sebenernya nasehat ini adalah sebuah surat tak terkirim yang pernah gue tulis ketika gue berada di Kalimantan, sebuah surat yang tadinya mau gue kirim pas hari Lebaran untuk keluarga gue di Lembang (tapi ngga jadi).


Kenapa? Kalian bertanya kenapa suratnya ngga jadi dikirim?

Emh, gimana yaa, kalo gue jawab alasannya kenapa bisa-bisa gue dianggap cengeng lagi, haha. Tapi, yaa pada intinya sih Surat itu lebih seperti Pesan Kematian daripada Ungkapan Kerinduan. Dan yang luar biasanya adalah pada hari itu gue mengalami kecelakaan, yaa, kecelakaan yang itu! (yang mana?) Itu, yang gue ditabrak bus trus ampir masuk jurang, inget kan? Nah, yang itu! (emang lu pernah cerita?)


Bentar, kenapa jadi melebar gini percakapannya. Wooooy, ini gue mau ngasih Nasehat, bukan mau Curhat! Yaudah, ini gue tulis langsung aja deh nasehatnya, mudah-mudahan kalian mau dengerin. Cekidot:


Adik-adikku, (pasang muka serius)

1. Tidurlah lebih awal, lalu bangun lebih awal, jangan kebanyakan tidur seperti kakakmu ini, bangun tidur jangan lupa untuk berdoa! Ngga apa-apa ngga cuci muka, yang penting wudhu!

2. Jika pada suatu malam kalian tak bisa tidur, bukan berarti kalian tak harus tidur maka tetaplah makan walau tak lapar, itupun kalau ada makanan kalau tidak ada lebih baik berpuasalah!

3. Shalat malam kalau bisa dikerjakan, kalau ngga bisa yaa dipaksakan tapi shalat subuh jangan sampai kesiangan, itu yang terpenting!

4. Sehabis shalat jangan lupa berdoa dan berdzikir, meski doanya belum dikabulkan tetaplah berdoa, yang sabar! Ingat terkabulnya doa itu kadang disegerakan, kadang ditunda dan lebih sering diganti dengan yang lebih baik, tergantung mood-nya Allah!

5. Yang namanya kebaikan, meskipun kecil dan sepertinya tidak berarti, tetaplah dikerjakan! Biar Allah saja yang menilai, ingat sedikit demi sedikit lama-lama menjadi banyak –eh, bukit-!

6. Jangan lupa meniati segala hal untuk kebaikan dan karena mencari wajahnya Allah lalu maknailah segala hal itu dengan positif, ingat hidup terlalu singkat untuk bertindak negatif!

7. Yang namanya kesulitan itu pasti datang dan berulang, belajarlah dari kesalahan dan teruslah memperbaiki diri, bukan hanya untuk kebaikan kalian sendiri tapi juga untuk orang yang kalian sayangi!

8. Bersabarlah dalam menghadapi rasa senang dan kesedihan, jika tak bisa menahan marah maka pecahkan saja piring dan gelasnya tapi jangan sampai menyakiti diri sendiri dan orang lain! Jika perlu teriak, berteriaklah di dalam air bak, biar tidak mengganggu tetangga!

9. Penderitaan terjadi karena kita merasa harus menanggungnya sendiri maka berbagilah dalam suka dan duka, itulah mengapa Allah menciptakan keluarga!

10. Cinta dan nafsu terkadang tak bisa dibedakan maka tetaplah menutup aurat, jagalah kesucian hati dan pertahankanlah kehormatan diri! Ingat, bogoh itu boleh tapi jangan bobogohan! Tidak apa mengungkapkan suka tapi jangan sampai melakukan dosa!

11. Dalam hidup kadang kita melakukan kesalahan dan pelanggaran tapi jangan sampai terjatuh dalam keputusasaan! Bertaubatlah selagi sempat, minta ampun pada yang Maha Pengampun, maafkanlah diri sendiri dan jangan malu untuk menebus kesalahanmu!

12. Bacalah Al Quran, pelajari, pahami dan amalkan! Nasehat terbaik datang dari Allah melalui kesadaran diri sendiri, kefahaman agama datang pada yang mencari, manfaat tercurah pada yang selalu beraksi!

13. Bacalah Al Quran, disana terdapat 30 Juz, 114 Surat dan ± 6236 Ayat yang berarti ada lebih dari 6000 nasehat untuk kamu ikuti -anggaplah itu sebagai sisa nasehatku untukmu, kalau masih kurang carilah nasehat lainnya di dalam Hadist! -------> LUNAS.

7000 Nasehat Untuk Adik-Adikku (Yang Lucu), nasehat, pituah, lucu


NB: Kalau punya akun twitter jangan lupa follow akun kakakmu ini yaa! Ngga sih, biar eksis aja gitu, hihihi.

Sekian 7000 Nasehat Untuk Adik-Adikku (Yang Lucu) dari kakakmu ini, mudah mudahan kamu tidak hanya membacanya tapi juga mau mengamalkannya. Adapun mengenai lawakan tentang tukang cendol dan sutradara, itu hanya sekedar canda untuk membuat kalian lebih ceria, ingat, bukan bagaimana aku mengatakannya tapi semua itu tentang bagaimana kita bisa mengingatnya, dengan hati.

"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; Merekalah orang-orang yang beruntung." (QS Ali Imran: 104)


Share This Article


11 komentar:

  1. Wah, nasehat-nasehatnya sangat cocok dan penting buat generasi muda bangsa kita ya sob. Jujur, saya belum melakukan semuanya di atas. kareba memang berat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga belum :-) Tapi itu tidak seharusnya menghalangi kita untuk tetap saling menasihati 8-)

      Hapus
  2. bagus nih, untuk adik saya. Eh saya kan gak punya adik, untuk saya aja deh..

    BalasHapus
  3. Mantap gan, postingan yang berkualitas sama seperti judulnya (hihi)

    BalasHapus
  4. blogwalking bermanfaat sob, keep sharing!

    BalasHapus
  5. wah adek-adek wajib baca ini ya mas agar jadi anak yang baik dan berbakti kepada orang tua :)

    BalasHapus
  6. iya Kak..
    terima kasih karena udah mengingatkan dan menasehati Adikmu yang bermuka tampan ini :))
    Allah kok punya mood ya Kak?


    terlepas dari topik di atas, aku mau tanya cara bikin emoticon komentar itu gimana? bisa bagi link tutorialnya atau buat postingan tutorialnya gak? soalnya aku udah nyoba koko gagal terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lha kok sy yg jd tua yaa ;(( hihi, sebenernya sy jg ga tau Allah punya mood apa ngga tapi yang jelas Allah itu Maha Kuasa, apapun yang dikehendakinya yaa pasti terjadi 8-)

      Perihal emoticon komentar ini, sebenernya banyak banget tutornya di google, sy jg lupa yang mana yang beneran work, tapi klo misalnya gagal terus itu mungkin karena mas Haris pake lebih dari satu javascript googlelapis nya, jadi coba hilangin javascript itu, sisain satu aja

      Hapus
  7. Wih, nasihat lo boleh juga hehe..

    salam,
    belajar-berkata.blogspot.com

    BalasHapus
  8. pas baca nasehatnya dalem ati bilang "wah, ustadz banget sii. andaikata boleh dibungkus bawa pulang" ;-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh, emangnya gue gado-gado, bisa dibungkus bawa pulang =))

      Hapus