Agar Tulisan Kita Selalu Dibaca Setiap Orang! - suginugi | blog ajaib Agar Tulisan Kita Selalu Dibaca Setiap Orang!

Ajaib Hot News :

Kamis, 26 Desember 2013

katalogi: , ,

Agar Tulisan Kita Selalu Dibaca Setiap Orang!

Agar Tulisan Kita Selalu Dibaca Setiap Orang, tulisan, agar tulisan blog menarik

Kemarin, saya bertengkar habis habisan dengan Arief Muhammad atau yang dikenal sebagai @poconggg (kalau pada belum tau, dia itu seleb blogger terkenal). Masalahnya sih sepele, karena tulisan saya di blog ini yang berjudul Rahasia Nyunyu.com Yang Nyunyu Team Aja Ngga Tahu. Sepertinya tulisan itu membuat beliau marah. 

Yaa, entahlah, sebagai seorang blogger terkadang kita memang harus menulis sesuatu yang sensasional dan penuh konfik (seperti tulisan itu misalnya) tentunya agar tulisan kita bisa selalu dibaca setiap orang dan menarik lebih banyak pengunjung ke blog kita. 


Meski pertengkaran itu membuat saya sangat terganggu, namun kemudian saya menyadari sesuatu, yaa, tentunya sesuatu yang sangat menarik perhatian. Apa itu? Konflik. Setiap pembaca pasti menyukai konflik. Entah itu benar ataupun direkayasa, konflik selalu disukai. 

Pikirkanlah: Apa topik yang menjadikan sebuah buku atau novel itu menarik untuk selalu dibaca? Apa topik yang menjadikan sebuah film layak di tonton? Apa topik yang menjadikan tulisan saya yang berjudul Rahasia Nyunyu.com Yang Nyunyu Team Aja Ngga Tahu itu telah dibaca lebih dari 1000 orang dalam sehari? Apa yang membuat anak anak SD keranjingan bermain game online? Tepat, Konflik. Ada konflik berarti ada yang menarik.

Pikirkan lagi: Bukankah semua kisah yang Anda sukai melibatkan seseorang yang menginginkan sesuatu dan berjuang untuk mendapatkannya? Masalah, Petualangan, Persahabatan, Cinta. Bagaimana perjalanan hidup seseorang itu bisa menjadi kisah yang menarik bagi anda? Singkatnya, bukankah selalu ada konflik. Yaa, konflik selalu menjadi berita yang menarik.

Setiap kali ada pertengkaran, perkelahian ataupun tawuran, media berita dari stasiun TV dan Koran selalu ada disana, terutama pertengkaran dalam rumah tangga artis, mengapa? Yaa, karena ada konflik disana. Benarkan? Konflik memang selalu menarik perhatian.

Kabar baiknya, KIta bisa memanfaatkan situasi itu. Seperti yang kita sama sama ketahui, dalam dunia blogging; content is the king, konten adalah raja maka ketika anda ingin menulis sesuatu di blog ataupun web anda, pertimbangkanlah untuk menulis sebuah konflik agar tulisan kita selalu dibaca setiap orang! Konflik selalu terjadi di sekitar kita, perhatikan itu. Jika anda membutuhkan contoh, semua tulisan di blog saya selalu mengandung konflik, bacalah salah satu, dan anda akan tahu kalau tulisan itu menarik dan layak untuk di baca.

Yaa, misalnya saja ketika saya membuka tulisan ini dengan kata-kata tertulis seperti “Kemarin, saya bertengkar habis habisan dengan Arief Muhammad” bukankah itu sebuah konflik? Dan bukankah itu menarik perhatian Anda?

Pertama, saya menonjolkan konflik yang terjadi antara saya dan Arief Muhammad, kemudian konflik lain muncul dalam diri Anda, Anda bertanya-tanya dalam hati “apakah benar hal itu terjadi”atau “kenapa itu terjadi” sadar atau tidak, anda memikirkannya, benarkan? Itulah konflik. 

Saya menyadari bahwa minat alami manusia terhadap pertarungan, konflik dan permasalahan, akan membuat para pembaca merasa tertarik. Yang seperti itu sering kita temukan dalam Film, Novel, bahkan Game atau permainan lain. Hal itulah yang saya kira akan membuat tulisan blog kita selalu dibaca setiap orang! Semua hal itu menggoda pikiran kita dengan keingintahuan dan rasa penasaran. Benar?

Yaa, harus saya akui, sesungguhnya, saya tidak pernah bertengkar dengan Arief Muhammad atau yang dikenal sebagai @poconggg, meski mungkin benar bahwa Arief Muhammad sedikit marah dengan tulisan saya itu, kami tidak pernah bertengkar. Kami bahkan tidak saling mengenal, Saya tinggal di Bandung dan Arief Muhammad tinggal di…emh, yaa, di Jakarta. Kota kami berjauhan.

Tapi, setidaknya, konflik seperti yang saya tuliskan di awal artikel ini membuat anda membaca seluruh tulisan saya sampai akhir, dan itu berhasil bukan? Yaa, konflik memang selalu menarik bahkan untuk beberapa saat saya berharap Anda kemudian membaca lebih banyak konflik dalam artikel menarik saya yang lain.


Diintrepretasikan dari Hypnotic Writing nya Joe Vitale

Share This Article


28 komentar:

  1. ow pake konflik toh, thx gan nambah ilmu :D ijin follow gan n ane tunggu folbek n kunbal u :D

    BalasHapus
  2. Menulis di blog itu sama aja nulis sesuatu yang pengen dibaca orang lain, jadi apa yang kita tulis nggak semua orang lain suka, jadi itu masalahnya, memikirkan ide yang pas dengan selera pembaca XD nice!

    BalasHapus
  3. nice post gan ,bermanfaat

    -ArtaPageone-

    BalasHapus
  4. terimakasih gan caranya. semoga dapat dipelajari o,eh siapapun

    BalasHapus
  5. artikelnya harus unik dan menarik
    kyk artkel agan

    BalasHapus
  6. Wah..memang menarik kalau ada konflik dalam percikan tulisan kita. Seperti yang saya pernah pelajari dari blogernas kentut, yang setiap postnya mengandung banyak konflik tak berarti dan tidak sedikit yang hanya tulisan iseng tak berguna. Tapi, banyak pembaca terbius, sehingga sebelum blognya terhapus, blogernas termasuk salah satu blog yang fenomenal (fenomenal mencetak blogger kentut lainnya, seperti saya..hahaha)
    By the way, Nice blog, nice artikel..Ditunggu kunjungan dan komentarnya di blog saya ya..:)

    BalasHapus
  7. sulit juga ya mas agar tulisan kita bisa sering di baca orang. butuh kerja keras nich untuk bisa mewujudkan hal itu :)
    thanks atas share nya ya :)

    BalasHapus
  8. betul sekali mas bro
    konflik, selalu menjadi topik utama yang tidak bisa dilewatkan
    karena manusia itu menonjol pada apa yang membuat dirinya tertarik atau menimbulkan adrenalin untuk mengetahui dan mnyelesaikannya...

    salam kenal bang

    BalasHapus
  9. Konflik ditaruh depan menjadi hook yang sangat canggih ya. Terima kasih bro infonya. :D

    BalasHapus
  10. manteb bro.. semoga bisa menularkan ilmunya ke saya.

    BalasHapus
  11. haha, tapi buat sebagian orang ini disebut menjebak gan, dan pastinya ada yang suka dan ada yang.... engga suka. anyway inimah tergantung moodnya si pembaca :)

    BalasHapus
  12. Memang sih di butuhkan keseriusan dan ketelatenan yang dalam hal melatih pola dan ide penulisan untuk sebuah konten yang bagik ya Sob. Trims untuk sahringnya.


    Salam,

    BalasHapus
  13. nulis artikel kaya ngerjain skripsi, harus ada latar belakang yg mengacu pada permasalahan di realita, sehingga bisa muncul teeori yang membuktikan hipotesis yg mengakar dari rumusan masalah (blah sok ilmiah banget sih gue)

    haha, bagus, emang di tulisan itu perlu ada dinamika dan konflik, biar menarik. tapi kalo gue sih, sebisa mungkin jangan membakar konflik dgn mengajak ribut org lain hehe

    good sharing, bro

    o ya, visit back my blog ya, di rainbowmaniswriting.blogspot.com

    BalasHapus
  14. Wah Mantap Ni Gan Artikelnya Langsung Di cobat

    BalasHapus
  15. nih dia yang dicari-cari
    mksh atas tipsnya mas broo
    tak coba langsung log

    BalasHapus
  16. Aduh sial, saya benar-benar terpancing dengan paragraf awal sampai penasaran baca sampe akhir...
    Sial...

    BalasHapus
  17. mantap gan.. :) buat nambah ilmu

    BalasHapus
  18. Bagus, SIH !!! Kesan kamu membohongi orangnya dapet.

    BalasHapus
  19. Ya kan harus menarik gitu, buat orang-orang penasaran dan bertanya-tanya apa isinya. :D

    BalasHapus
  20. keren mas sugih,tapi setiap tulisan yang menarik d baca,g hrs melulu d bumbui dngn konflik,bisa jg dngn cerita yg menurut bnyk orng di nilai menarik,tulisan yg bermanfaat,menuangkan kreatifitas imajinasi kita ke dlm tulisan,atau punya style/ciri khas dlm menulis,jd gampang di ingat orang... sorry mas sugih jd ngelantur..itu cuman opini aku aja sbg orng yg hobby baca,pure g copas dari artikel manapun..hahaaa ;))

    BalasHapus
  21. Sederhana, Itu namanya membohongi.Ok, Pembohong. Sepertinya anda juga memang orang yang menjengkelkan, yah seperti itulah, Pembohong.

    BalasHapus
  22. Wah iya sih bener emang konflik tuh jadi magnet artikel buat si pembaca, mantap nih ilmunya bisa gue aplikasikan di kemudian hari

    oh iya, btw lu juga blogger Bandung? gue juga! bisa kopdar dong sharing-sharing tentang kepenulisan? hohoho

    :>)

    BalasHapus
  23. jangan lupa berkunjung ke khoerus.blogspot.com ya gan, blog sedang belajar hehe

    BalasHapus
  24. hidup ibarat bumbu masakan n agar tambah mantap hehehehehhehehe

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus